• |
  • Call Center 021 - 749 0932
 

Keseruan MPLS SMK Agribisnis Hasan Mustapa, Bogor

Penulis : Admin | 22/Jul/2019 06:03

Image

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Kegiatandi SMK Agribisnis Hasan Mustapa, Bogor MPLS dimulai hari Rabu, 10 Juli 2019, pembukaan MPLS oleh Kepala Sekolah dengan menyematkan selempang kepada siswa-siswi baru lalu dilanjutkan dengan kegiatan cara menyemai dan membuat pupuk, materi penguatan akhlak. Hal tersebut bertujuan untuk karakter yang lebih baik. Keesokan harinya, kegiatan selanjutnya diisi oleh Manajer Pendidikan, Sulistyo Ridho.

Tak hanya dua hari itu saja, dihari selanjutnya, tanggal 16 Juli hingga 18 Juli 2019  yaitu kegiatan Camping dengan tema "Family Camp" dengan keseruan lintas alam, survivel, fun games, outbound, motivasi, dan ditutup dengan api unggun.

Tujuan MPLS untuk me­ngenalkan kondisi sekolah baik dari per­waja­han, sarana prasarana dan fa­silitas, ditambah kegiatan yang bersifat po­sitif yakni  tata cara belajar pertanian, wawasan adiwiyata. "Ha­rapan ke depan, para siswa baru su­dah siap menyambut proses pem­be­lajaran, akademik dan nonaka­demik. Ter­masuk pengenalan organisasi di se­kolah", kata Ade Hasyim, Kepala Sekolah SMK Agribisnis Hasan Mustapa, Bogor.

MPLS, lanjutnya untuk menum­buh­kan disiplin, perilaku positif siswa antara lain kejujuran, kemandirian,  sikap saling menghargai dan menghormati, manajamen,  kepemimpinan,  rasa tanggung jawab,  kekeluargaan, saling tolong menolong menjaga kebersihan dan kesehatan serta memiliki in­tegritas untuk meningkatkan mutu pe­lakaran di Sekolah, se­hingga siswa ter­m­o­tivasi untuk berlomba-lomba men­jadi siswa berprestasi, berakhlak mulia dan berkarakter.

Di hari penutupan, acara lebih banyak di­isi dengan taddabur alam atau lintas alam dan diakhiri dengan api unggun berkemah yang berhadapan langsung dengan dua gunung sekaligus yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango

Peserta didik baru dan kakak kelas sangat antusias, walaupun lelah dengan banyaknya agenda yang harus diikuti, mereka belajar tentang kebersamaan saling tolong menolong mempunyai teman baru. Suasana MPLS benar-benar larut dalam ke­keluargaan. Semua tertawa dan ber­gembira. 


Tag : Pendidikan Gratis Berkualitas Pendidikan untuk Dhuafa Lebih dari Sekedar Menyantuni