• |
  • Call Center 021 - 749 0932
 

Mengajarkan Anak Mencintai Lingkungan Sejak Dini

Penulis : Admin | 25/Jul/2019 04:38

Image

Mencintai lingkungan merupakan salah satu hal yang seharusnya ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Mengajari anak untuk mencintai lingkungan bisa melalui bermacam cara. Salah satunya adalah mengajak anak bermain di ruangan terbuka, bersentuhan langsung dengan tanah, lapangan, rumput, bangunan dan lainnya. 

Seperti yang dilakukan oleh Siswa-siswi Paud Ulul Albab, Mega Mendung, Bogor, Kamis (25/7). Mereka melaksanakan kegiatan olahraga dengan jalan santai ke Makam Jerman Arca Domas yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi sekolah. Selama di perjalanan anak-anak diajarkan untuk mencintai lingkungan dengan memunguti sampah-sampah yang berserakan di jalan.

Kepala Sekolah Paud Ulul Albab, Pak Maman berpendapat bahwa berinteraksi dengan alam bisa menyadarkan dan memberikan contoh langsung pada anak bahwa dirinya merupakan salah satu dari bagian ekosistem. Selain itu, bermain di luar ruangan juga bisa mengembangkan saraf motorik dan sensorik anak.

Peran keluarga juga merupakan faktor yang penting dalam mendorong anak supaya cinta lingkungan. Kegiatan-kegiatan seperti piknik bersama, menanam tanaman di rumah, memancing dapat membantu tumbuhnya perhatian anak terhadap lingkungan. “(Hal-hal tersebut) membantu anak untuk mengembangkan koneksi dan empati terhadap alam,” tambahnya.


Tag : Pendidikan Gratis Berkualitas Pendidikan untuk Dhuafa Lebih dari Sekedar Menyantuni