• |
  • Call Center 021 - 749 0932
 

Tips Menjadi Pendongeng yang Baik, agar Anak Antusias Mendengarkan Cerita

Penulis : Ihsan | 22/Oct/2018 07:37

Image

Bagi orangtua yang ingin bercerita kepada buah hatinya tidak perlu risau mencari bahan dongeng yang menarik. Menurut Fahmi, Kepala PAUD Al-Hikmah, yang juga pendongeng, mengatakan orangtua hanya perlu tips mudah untuk menjadi pendongeng yang baik, yang disukai anak-anak.

 “Yang pertama, pilihlah buku yang menarik perhatian anak, misalnya buku yang penuh gambar dan berwarna-warni,” kata Fahmi. Dan yang lebih penting, dalam buku tersebut memiliki pesan moral.

Agar dalam bercerita berjalan alami, pahami dulu alur ceritanya agar pesan moralnya dapat diterima dengan baik. Pendongeng yang kerap melihat catatan, akan mengganggu konsentrasi si pendongeng itu sendiri.

Agar anak antusias mendengarkan, lakukan bercerita dengan penuh ekspresif. Atur pula nada suara mengikuti karakter tokoh dalam dongeng. Misalnya, ketika menemukan karakter anak-anak, ubahlah suara sepert anak-anak. Begitu pula ketika dialog tokoh jahat, ubahlah suara menjadi menyeramkan.

“Akan bagus lagi jika diselingi dengan menyanyi yang lucu agar suasana mendongeng bertambah meriah,” tambah Fahmi.

Anda juga bisa mengajukan pertanyaan di tengah-tengah cerita atau di bagaian manapun Anda suka. Tanya jawab akan memunculkan komunikasi dua arah. Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang bagaimana kelanjutan ceritanya. Sebisa mungkin anak-anak harus penasaran yang akan membuat mereka berpikir dan melahirkan pertanyaan-pertanyaan tentang jalan cerita dongeng.

Kemudian, hindari Anda mengajari membaca atau mengenal huruf di tengah-tengang bercerita. Ini akan mengurangi anak mendengarkan cerita, tetaplaf fokus kepada kesempatan bersenag-senang dengan anak.

“Yang terakhir, setelah cerita selesai Anda bisa meminta kepada anak untuk menceritakan ulang kembali,” kata Fahmi. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya. Saat sedang mendongeng, usahakan Anda dan Si kecil berpelukan, tertawa bersama-sama, dan bermanja-manja, yang bisa mempererat hubungan antara orangtua dan anak.

Itulah beberapa tips sederhana agar Ayah dan Bunda menjadi pendongeng yang baik, yuk mendongeng!

Baca juga: Anak Mogok Sekolah? Jangan Panik, Ini Cara agar Anak Mau Sekolah


Tag :