• |
  • Call Center 021 - 749 0932
 

Prof Komaruddin Hidayat dalam Kajian Life is Beautiful: Mendekatkan Allah pada Anak

Penulis : yasmin.or.id | 18/Apr/2018 00:00

Image Anak-anak dengan usia emas memiliki keingintahuan yang besar. Biasanya inilah momen yang membuat orangtua kebingungan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anak mengenai Allah SWT. Sedari kecil anak perlu dikenalkan kepada Allah SWT sebagai Sang Penciptanya. Mengenal dan mengajari anak agar mengikuti perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya bukan hal yang mudah. Perlu berbagai trik agar anak memahami apa yang diutarakan oleh orangtua.

Kajian Life is Beautiful Series kali ini mengundang seorang tokoh cendekiawan muslim, Prof. Komaruddin Hidayat. Mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan penulis buku ini memaparkan beberapa cara mengenalkan dan mendekatkan Allah SWT kepada si buah hati di Morocco Mediterranian Resto, Cinere, Selasa (10/4). 

Cara mendidik anak agar dekat dengan Sang Penciptanya sangat mudah namun terasa susah. Akan terasa mudah jika orangtua telah mengenalkan siapa penciptanya sejak dalam kandungan. Tetapi, akan terasa susah jika anak tidak diajarkan siapa yang telah meciptakan alam dan segenap isinya kepada anak. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai calon orangtua dan orangtua untuk mengenalkan Allah SWT. 

“Kenalkan saja hal-hal yang mudah dipahami kepada anak-anak. memberitahukan segala bentuk keindahan islam, nikmatnya berbagi kepada sesama manusia, saling tolong menolong dengan yang membutuhkan”, papar Komaruddin Hidayat. 

Membutuhkan proses dalam mengenalkan Allah pada anak. Contohnya seperti kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh orangtua secara tidak langsung akan berdampak pada anak. Orangtua juga harus sabar dalam mendidik dan mengenal Allah. Gunakan obrolan yang lembut dan mudah dipahami oleh anak.

Penulis : Chintiya Dewi Anggriani

Editor : Badruzzaman

Tag :