Bantu Aikal Agar Berjalan Normal

2018-04-25 berita
Image Ananda Aikal kini telah tinggal di Asrama Yatim. Aikal yatim piatu sejak bayi dan belum pernah melihat wajah ayah ibunya. Keberadaan kedua orangtuanya belum diketahui sampai saat ini. Sejak lahir dia memiliki kelainan pada kaki kanannya. 2 tahun usianya berjalan berjalan pincang menggunakan punggung kaki. Jika tidak ditangani sejak dini, Aikal tidak bisa berjalan dengan normal. 

Dengan keterbatasan tersebut, ia kerap diejek oleh teman-temannya. Mendapat perlakuan seperti itu Aikal merasa minder, suka menyendiri dan menjadi kurang lincah seperti anak-anak seusianya. 

Kosa katanya juga sedikit sekali, baru beberapa kata dan itupun ia masih sulit mengucapkannya. “kata yang baru bisa diucapkan baru empat, tak (tidak), sudah, cucu (susu) dan maem (makan),” kata Banin, pengajar di Rumah Yatim. 

Tim Advokasi Kesehatan Amal Khair Yasmin berupaya membantu proses pengobatan kaki Aikal agar dapat berjalan normal. Selain mendapat pengobatan medis, Aikal juga menjalani fisioterapi di Pusat Terapi Autis Yasmin. 

Menurut Nurjainah, terapis, Aikal sepertinya pernah mengalami peristiwa traumatik yang mengguncang kejiwaannya. Mungkin dulu pernah mengalami kekerasan. Ia ketakutan berlebihan ketika bertemu orang asing. 

“Pada tahap awal terapi baru pengenalan. Dan itu tidak mudah. Ketika sampai ke tempat terapi ia tidak mau masuk. Kalau sudah di dalam ia akan menangis dan merangkak keluar. Yang penting Aikal harus nyaman dulu dengan orang lain,” tambah Nurjainah. 

Setelah merasa nyaman, baru dilanjutkan dengan fisioterapi untuk mempercepat belajar jalannya. Beberapa hari ini Tim Advokasi Kesehatan Amal Khair Yasmin sudah membawa Ananda Aikal untuk kontrol ke dokter anak bagian Ortopedi. Kontrol tersebut bertujuan melihat posisi tulang di kaki kanannya. 

Setelah itu, tim dokter melakukan rontgen dan anastesi pada Ananda Aikal. Pada hari Jumat (21/4), Aikal akan melakukan operasi di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. 

Kita doakan semoga proses operasi dan pemulihan berjalan lancar sehingga Aikal mampu berjalan normal dan bermain dengan teman-temannya.




Twitter Updates


Sosial Media


  FACEBOOK

  TWITTER

  YOUTUBE

  INSTAGRAM

Kontak


Telepon :
+62217434792
Email :
info@yasmin.or.id
Address :
Jl. Purnawarman Blok A No.37 Bukit Cirendeu, Pondok cabe, Ciputat, Tangerang Selatan, 15419.