Amal Khair Yasmin

Camping Kids Pra Siaga: Menguatkan Karakter Cinta Tanah Air di PAUD Ulul Albab

Pada Rabu, 22 Mei 2024, PAUD Ulul Albab mengadakan acara Camping Kids Pra Siaga yang bertujuan untuk menguatkan karakter cinta tanah air pada anak-anak usia dini. Kegiatan ini diikuti oleh 55 anak dan didampingi oleh para guru, berlangsung di halaman sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan AK Yasmin. PAUD Ulul Albab berlokasi di Megamendung, Bogor, merupakan sekolah gratis untuk keluarga yatim dan dhuafa.

Ragam Kegiatan yang Menstimulus Motorik Anak

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan kegiatan mendirikan tenda. Anak-anak dengan antusias belajar cara mendirikan tenda, sebuah keterampilan dasar dalam kegiatan berkemah yang juga mengajarkan kerjasama dan ketelitian. Setelah tenda-tenda berdiri, acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan, senam bersama yang penuh keceriaan, membantu meningkatkan kebugaran dan motorik anak-anak.

Selanjutnya, anak-anak mengikuti sholat berjamaah. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat aspek spiritual mereka, tetapi juga mengajarkan kedisiplinan dan kebersamaan. Seusai sholat, anak-anak menikmati makan bersama, momen yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan berbagi.

Pada malam hari, puncak acara berlangsung dengan api unggun. Suasana hangat dan meriah tercipta ketika anak-anak berkumpul di sekitar api unggun, bernyanyi, dan bermain. Kegiatan ini sangat efektif dalam membangun rasa kebersamaan dan menciptakan kenangan indah bagi mereka.

Acara diakhiri dengan berbagai games menarik yang dirancang untuk melatih ketangkasan, kerja sama, dan kreativitas anak-anak. Pukul 20.00 WIB, anak-anak bersiap untuk pulang dan dijemput oleh orang tua mereka. Azta Kafia Humaira, salah satu peserta, dengan penuh semangat mengungkapkan, “Kegiatannya asyiiik, cape juga, tapi sangat seruuu banget.”

Membangun Generasi Penerus yang Berkarakter

Kepala sekolah PAUD Ulul Albab, Bapak Maman, menyatakan bahwa program Camping Kids Pra Siaga ini merupakan program tahunan yang selalu dinanti-nantikan. “Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan serta menyiapkan generasi penerus lewat kegiatan camping kids ini. Dengan kegiatan ini, semoga membentuk anak yang tidak hanya memiliki kompetensi akademis, tetapi juga memiliki karakter moral yakni tanggung jawab, gotong royong, dan berakhlakul karimah,” ujar beliau.