Amal Khair Yasmin

Berliterasi dengan Mendengarkan Dongeng

Imajinasi sangat penting bagi perkembangan daya pikir anak. Imajinasi juga akan membuat anak terampil berkomunikasi dengan orang lain. Pada saat mendengarkan dongeng, pikiran anak akan terangsang untuk menggambarkan situasi seperti yang ia dengar. Kosa kata yang ia dengar akan memperkaya kata yang ia miliki.

Seperti yang di lakukan oleh sekolah Paud Ceria Yasmin, Bogor. Paud Ceria Yasmin merupakan sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Amal Khair Yasmin yang diperuntukan untuk siswa yatim dan tidak mampu/dhuafa. Rabu kemarin, 12 Agustus 2019 Paud Ceria Yasmin mendatangkan seorang pendongeng dari Komunitas Kampung Dongeng yang berasal dari Kota Depok.

Mendongeng menjadi kegiatan yang dapat menarik hati karena ada interaksi dan imajinasi yang dibangun oleh anak-anak. Dongeng memang kaya akan imajinasi dan sangat cocok dengan masa perkembangan anak usia dini.

“Banyak sekali manfaat mendongeng, salah satunya menambah kosa kata untuk anak, mengasah kemampuan anak untuk mendengar, menyimak dan berkomunikasi tentunya”, ungkap Pak Heri selaku Kepala Sekolah Paud Ceria Yasmin

Baca Juga: 7 Manfaat Mendongeng bagi Anak Usia Dini

Selain belajar membaca, menulis, dan berhitung (calistung) anak dengan masa perkembagan usia dini juga perlu diajaarkan berliterasi. Dengan berliterasi anak-anak akan melatih berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri dan menanamkan etika nilai-nilai kehidupan. Karena esensi dari mendirikan sekolah paud salah satunya adalah membuat siswa bahagia dan merasa nyaman dengan belajar.