Rutinitas SMK Agribisnis Hasan Mustapa, Bogor

Penulis : Admin | 27/Aug/2019 08:33

Image

Rutinitas yang setiap hari dilakukan siswa-siswi SMK Agribisnis Hasan Mustapa yang berupa kegiatan belajar mengajar di ruangan dan di luar ruangan (praktek) di lahan bisnis. Pada awal tahun ajaran baru, siswa-siswi kelas X sudah mulai dikenalkan dengan pembelajaran langsung dari alam. Bagaimana cara bercocok tanam, membuat irigasi, mempertahankan kesuburan tanah dan lain sebagainya hingga sampai kepada penjualan produk ke konsumen.

Pembuatan media semai untuk siswa-siswi kelas kelas X. Sebelum masuk  ke dunia bisnis, kelas X mempelajari tentang media-media pertanian terlebih dahulu. Pengenalan media pertanian di lakukan di kelas dan juga langsung ke lapangan.

Siswa-siswi kelas XI dan XII langsung mempratekkan memasang paralon selang untuk saluran air ke lahan bisnis yang akan digarap. Lalu dilanjutkan dengan penggarapan lahan, menyirami tanah agar gembur dan bagus.

Setelah belajar membuat media semai, dengan menanam tanaman herbal spesies Mentha (daun mint) yang banyak digunakan pada makanan, minuman, atau bahkan di ramuan minyak pijat dan aromateraphy dengan cara stek atau metode perbanyakan tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman (akar, daun, batang). Karena daun mint akan menjadi minuman khas SMK Agribisnis Hasan Mustapa sebagai 'Welcome Drink' untuk tamu yang berkunjung. 

"Mereka sangat antusias dan sudah punya rasa memiliki atas tanggung jawab yang diberikan", ungkap Ibu Desy yang merupakan salah satu guru yang mengajar di SMK Agribisnis Hasan Mustapa. 

Tanaman yang ditanam oleh siswa-siswi SMK Agribisnis Hasan Mustapa berupa sayuran pakcoy, kangkung, wortel, kacang tanah, butternut, labu siam, strawberry dan lainnya. Ketika sudah tumbuh dan siap panen, buah dan sayuran tersebut akan di bazarkan, dan hasil dari penjualan untuk penambahan modal bisnis di kelas XII.

 

Mari dukung SMK Agribisnis Hasan Mustapa untuk pendidikan gratis berkualitas bagi Siswa yatim dan tidak mampu/dhuafa.

BCA : 267.301.6006
Mandiri : 101.00.0575567.1
BNI Syariah : 1734.1882.7
An Yayasan Amal Khair Yasmin


Tag : Pendidikan Gratis Berkualitas Pendidikan untuk Dhuafa Lebih dari Sekedar Menyantuni