Amal Khair Yasmin

Selamat Hari Pramuka; Siap Sedia Melakukan Pemberdayaan Desa

Istilah Pramuka diambil dari istilah poromuko yang berarti pasukan yang berdiri paling depan dalam peperangan. Tanggal 14 Agustus ditetapkan jadi Hari Pramuka sejak tahun 1961 lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Saat itu dilambangkan dengan penganugerahan Panji Gerakan pramuka oleh Presiden Republik Indonesia. Menurut sejarahnya, gerakan yang identik dengan warna cokelat muda dan ‘anak-anak alam’ ini mulai memiliki lambang tunas kelapa pada 20 Mei 1961. 

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus tiap tahunnya. Tahun 2019 ini adalah HUT Pramuka ke-58 dengan tema siap sedia membangun NKRI. 

Kegiatan luar ruangan ini menjadi salah satu aktivitas ekstrakurikuler wajib di sekolah. Dengan seragam lengkap berwarna cokelat muda, topi pandan, peluit merah, dasi merah putih, dan sepatu hitam, pramuka harus belajar tali-temali, kode morse, kemah, dan lainnya. Lebih dari sekedar seragam lengkap coklat. Pramuka mengajarkan siap sedia melakukan pemberdayaan di desa-desa.

Selamat Hari Pramuka, semoga Pramuka jaya selalu dan melahirkan tunas-tunas muda yang bisa membawa bangsa kita ke arah yang lebih baik.

Salam Pramuka !