Amal Khair Yasmin

Tadarusan Quran Sebagai Pembuka Aktivitas di Sekolah Cendekia

Sekolah Cendekia Yasmin merupakan sekolah yang didirikan untuk anak-anak dhuafa, yatim dan tidak mampu. Sekolah yang berlokasi di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat ini adalah sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Amal Khair Yasmin.

Pembelajaran di Sekolah Cendekia diupayakan menggunakan model Project Based Learning untuk setiap mata pelajaran. Selain itu, Sekolah Cendekia juga memiliki kurikulum harian yang rutin dilaksanakan setiap pagi, yaitu tadarusan qur’an sebelum memulai pembelajaran.

Ketika masuk ke dalam kelas, para siswa diminta untuk berwudhu terlebih dahulu kemudian dibiasakan untuk tadarus qur’an sebelum memulai pelajaran. Tidak hanya para siswa yang membaca al-quran, guru pengajar juga ikut mendampingi.

Ikra Salawutri, selaku kepala Sekolah SMP/SMA Cendekia beranggapan program tersebut dirancang agar generasi muda menjadi terbiasa dengan Al-quran.  

Pembiasaan membaca al-quran ditanamkan guna meningkatkan kesadaran anak remaja akan pentingnya mengawali hari dengan bertadarus. Dengan metode seperti ini, diharapkan siswa terbiasa dengan ayat-ayat al-quran dan pandai mengelola kecerdaan emosional.