Amal Khair Yasmin

Beasiswa PT. Japati

Kabar gembira untuk siswa dan alumni SMK Informatika Utama (SMKI Utama). Kabar gembira itu datang dari PT. Japati Indonesia yang memberikan beasiswa dan rekruitmen alumni SMK Informatika Utama. PT. Japati Indonesia merupakan pengembang berbagai aplikasi solusi teknologi informasi untuk kegiatan bisnis berbasis UKM dan Koperasi yang murah, efisien dan handal. Pemberian beasiswa dan rekruitmen ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang diteken PT. Japati dan SMK Informatika Utama.

Dalam nota kesepahaman itu PT. Japati Indonesia akan memberikan beasiswa kepada 8 alumni SMKI Utama dan setelah mereka selesai menempuh pendidikan akan langsung direkrut untuk menjadi karyawan PT. Japati Indonesia. Menurut Bapak Hadiyanto, Managing Director PT. Japati Indonesia, pemberian beasiswa dan rekruitmen ini untuk dua tahun atau dua angkatan tetapi bisa saja diperpanjang jika evaluasi menunjukkan hasil yang signifikan.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi siswa untuk mendapatkan beasiswa antara lain memiliki nilai akademik yang baik. Tidak hanya memiliki kompetensi yang bagus, siswa juga diharuskan mempunyai akhlak, attitude atau sikap yang santun dan sesuai. Karena dengan attitude yang baik siswa akan mudah menyesuaikan dengan berbagai kondisi atau lingkungan kerja.

Bagi pihak sekolah program ini memiliki peran memberikan banyak akses bagi terserapnya alumni SMKI di dunia kerja. Saat ini setiap angkatan alumnus SMKI Utama yang langsung terserap di dunia kerja 90 persen. Dengan adanya pemberian beasiswa dan rekruitmen dari PT. Japati Indonesia diharapkan memperbanyak alumnus yang terserap di dunia kerja.