• |
  • Call Center 021 - 749 0932
 

7 Manfaat Mendongeng bagi Anak Usia Dini

Penulis : Ihsan | 08/Oct/2018 08:01

Image

Mendengarkan dongeng adalah kegiatan yang disukai oleh hampir semua anak usia dini. Dongeng yang memang kaya akan imajinasi sangat cocok dengan masa-masa perkembangan anak. Selain menyenangkan, ternyata ada manfaat mendongeng bagi anak usia dini.

Tak heran, jika mendongeng menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh sekolah-sekolah usia dini. Salah satu yang aktif melakukan kegiatan mendongeng adalah PAUD Al-Hikmah yang terletak di Limo, Depok.

Fahmi, kepala PAUD Al-Hikmah, dirinya bersama tim guru sengaja memasukkan kegiatan mendongeng karena memiliki banyak manfaat.

Menurut Fahmi ada 7 manfaat mendongeng bagi anak usia dini yang harus diketahui para orangtua atau guru. Berikut ulasannya.

1. Memperkaya kosakata anak.
Anak yang sering mendengarkan cerita dongeng, ketika menangkap instruksi atau penjelasan akan meningkatkan pemahaman terhadap makna kata.

Setelah memahami makna kata, diharapkan akan menambah koleksi kosakatanya sehingga kemampuan anak berkomunikasi semakin meningkat.

Mendongeng juga bisa membantu anak untuk mengekspresikan ide-ide di dalam pikirannya, sehingga dapat memabntu anak berkomunikasi dengan struktur bahasa yang baik dan benar.

2. Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajinasi si Kecil.
Mendengarkan cerita dongeng bisa dijadikan media untuk menstimulasi imajinasi dan fantasi anak. Pada saat anak mendengarkan cerita, disitulah imajianasi anak dirangsang.

Imajinasi anak yang dibangun anak pada saat mendengarkan cerita memberikan pengaryh positif terhadap kemampuan anak untuk memecahkan masalah secara kreatif.

3. Melatih kemampuan mendengar.
Karena aktif, biasanya anak usia dini sulit sekali diarahkan untuk konsentrasi dengan cara mendengarkan. Seorang anak yang sedang mendengarkan cerita akan berusaha memusatkan perhatian apa yang sedang diceritakan oleh ayah atau ibunya.

Pada saat anak mendengarkan dongeng, si anak akan berusaha konsentrasi untuk memahami apa yang ia dengar dalam pikirannya.

4. Meningkatkan kemampuannya berkomunikasi.
Karena keterbatasannya berkomunikasi, terkadang anak merasa ragu untuk bertanya berbagai hal kepada orang lain. Padahal, dalam pikiran anak terdapat keingintahuan yang besar.

Dengan dongeng, anak akan belajar bertanya cara yang benar dan menyampaikan maksudnya dengan cara yang lebih mudah dipahami.

Baca juga: Ingin Keren dalam Mengajar, Ini yang dilakukan Guru PAUD di Ciseeng Bogor

5. Meningkatkan interaksi verbal antara Anda dan si Kecil.
Pada saat mendongeng, akan terjadi komunikasi dua arah antara anak dan orangtuanya. Biasanya interaksi ini akan berlanjut di waktu yang berbeda.

Selain itu, saat membacakan cerita biasanya terjadi kontak fisik seperti memeluk dan membelai anak. Kontak fisik ini akan membuat anak merasa nyaman dan akrab dengan orangtuanya.

6. Mengajarkan padanya tentang konsep cerita, angka, huruf, warna, dan bentuk.
Ketika mendengar cerita, anak akan mendengar informasi tentang konsep cerita, angka, huruf, warna, dan bentuk.

7. Memberikan informasi tentang dunia di sekitarnya.
Ketika mendengarkan dongeng, kepekaan anak terhadap lingkungan akan mulai terasah. Ia akan belajar merasakan kesulitan yang dialami orang lain, belajar membantu sesama, dan belajar menjaga lingkungan.
 

Itulah manfaat mendongeng bagi anak usia dini, yuk mendongeng!


Tag :