Amal Khair Yasmin

Menuju Sekolah Yang Membahagiakan

Oleh : Sulistiyo (Manajer Program Pendidikan dan Kesehatan)

“Saya sangat bahagia dapat terpilih sebagai salah satu siswa di SMP Utama Yasmin. selain gratis, proses belajarnya, guru-gurunya dan teman-teman saya juga sangat baik”, Sri Mulyani, siswi SMP Utama.

Alhamdulillah perkembangan  seluruh program pendidikan dan kesehatan Amal Khair Yasmin terus mengalami peningkatan. Pada seluruh program Amal Khair Yasmin, sekolah secara simultan diperkaya proses dan layanan pendidikannya, fasilitas pembelajaran terus dilengkapi. Metode pembelajaran terus dikembangkan dengan didukung oleh pengembangan kompetensi guru melalui training-training.

SMK Informatika Utama terpilih untuk mendapatkan program aplikasi The Seven Habits of Highly Effective People bekerjasama dengan Dunamis Foundation Jakarta. Selama 3 tahun sekolah akan menerapkan program bagi seluruh guru dan staf, juga seluruh siswa SMK Informatika. Khusus untuk siswa SMK Informatika pengembangan karakter berfokus pada program The Leader in Me (TLIM) yang merupakan program rintisan sekolah bersama Dunamis Foundation. Program pembekalan karakter ini, telah menunjukkan progress yang sangat bagus pada peningkatan budaya di sekolah.

Di bidang IT, SMK menjalin kerjasama dengan Icon+ untuk program Share Poin, sebuah pogram cloud computing, yaitu penyimpan data dan sharing data secara online. Share point berbeda dengan accespoint, karena share point akses data lebih cepat. Ibaratnya kita mempunyai CPU secara cloud. Dalam share point dibutuhkan IP Public agar kita mendapatkan akses yang mudah dan cepat, serta koneksi yang handal dan lancar. Saat ini SMP dan SMK Informatika Utama difasilitasi jaringan internet gratis dari Icon+.

Dari sisi kualitas lulusan SMK Informatika Utama, mengalami peningkatan kualitas yang signifikan. Hanya dalam waktu 3 bulan angkatan ke-4 lulusan SMK Informatika tahun 2012, 100% telah terserap di dunia kerja di bidang IT. Saat ini angkatan ke-5 lulusan tahun 2013 sebagian sudah memasuki dunia kerja.

SMP Utama juga terus mewujudkan visi menjadi sekolah berbudaya lingkungan dan berbasis karakter. Saat ini merancang pengembangan mini garden yang dikelola oleh siswa. Sebuah program cinta lingkungan yang berpadu dengan konsep sains. Mini garden ini sekaligus akan diproyeksikan sebagai laboratorium penelitian dan media siswa mengaplikasikan kecintaannya pada alam semesta.

Prestasi yang membanggakan juga ditorehkan para siswa SMP Utama. Selama Maret 2013 mereka meraih prestasi dalam berbagai Lomba: Juara 1 dan juara 2 Karya Ilmiah tingkat SMP-SMA dan Juara 2 OVJ yang diselenggarakan di Smart Ekselensia, Juara 2 lomba lempar lembing se-Kota Depok.

Pusat Terapi Autis Yasmin menjadi primadona bagi keluarga kurang mampu. Dengan kualitas terapis yang sesuai dengan  bidangnya, dan pola layanan yang berbasis kekeluargaan program ini mampu menjangkau 40 siswa. Berkat berbagai d                ukungan dari donatur yang terus mengalir, kami berkomitmen untuk terus melatih agar anak-anak berkebutuhan khusus dari keluarga dhu’afa nantinya mampu hidup mandiri dan tidak menjadi beban bagi orangtuanya. Program terapi juga semakin divariasikan dengan menggali bakat-bakat khusus yang dimiliki siswa agar nantinya diharapkan mampu menjadi kompetensi sebagai cikal bakal profesi siswa.

Sekolah-Sekolah Cendekia Babakan sudah 6 bulan terakhir melakukan perubahan luar biasa. Program pembelajaran difokuskan pada 6 mata pelajaran pilihan penunjang kompetensi yang dibutuhkan untuk masa depan: Sains dan IT, Keterampilan komunikasi dan presentasi, Matematika dan akuntasi dasar, English Club, Pendidikan Agama berbasis Akhlak, juga Apresiasi Seni dan olah raga.

Sanggar Al-Hikmah, PAUD Ceria, PAUD Aqila, dan PAUD Al-Barokah, berkolaborasi untuk meramu sebuah kurikulum pembelajaran PAUD yang ramah anak dan berbasis Akhlak mulia. Penguatan Akhlak menjadi tema utama pendidikan anak usia dini. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sejak dini mendapatkan stimulasi pendidikan akhlak yang baik akan mampu berkembang menjadi pribadi yang mulia di masa depan.

Program Training Guru Gratis bagi sekolah tidak mampu saat ini telah manjangkau 20.000 guru. Saat ini School Resources Center Yasmin sampai 2013 memberikan pendampingan dan training bagi 20 madrasah di Jabodetabek dalam program Aflatoun dan 90 madrasah secara reguler di Cirebon dan sekitarnya bekerjasama dengan Tara Salvia dan IAIN Syekh Nurjati.

Klinik Afiat dan Advokasi Kesehatan menjadi penyempurna program. Pasien member bebas biaya terus kami tambah menjagkau 400 member. Perluasan dari program ini adalah health on spot, program pengobatan gratis yang kami lakukan di sentra-sentra keluarga tidak mampu. Sementara program advoaksi kesehatan terus membantu pasien untuk mendapat rujukan ke berbagai rumah sakit sesuai dengan hak dhu’afa.

Kami menyadari bahwa sekolah menjadi arena pembelajaran kebahahagiaan yang sangat strategis bagi anak didik. Bukan hanya menjadi tempat untuk mencari ilmu untuk kebahagiaan, tetapi juga penguatan berbagai karakter (akhlak) yanbg baik yang sejatinya akhlak yang baik tersebut menjadi modal utama mencapai hidup yang bahagia. Pada akhirnya hanya orang-orang yang dididik dalam situasi yang penuh kebahagiaan, dalam berbagai metode dan guru-guru yang membahagiakan yang mampu berbagi kebahagiaan dengan keluarganya, dan masyarakat di sekitarnya.

Program persiapan Ujian Nasional (UN) juga menjadi kegiatan tahunan. Tahun ini program UN Yasmin bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi Belajar Epsilon Cinere. Para siswa mendapatkan pendampingan penuh secara gratis.