Amal Khair Yasmin

Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut

Budaya sehat dan bersih harus sedini mungkin diperkenalkan kepada anak-anak. Salah satunya menjaga kesehatan gigi. Menjaga kesehatan gigi anak merupakan hal yang tidak bisa kita abaikan begitu saja. Memang tampak wajar bila seorang anak mempunyai gigi yang rusak. Namun hal itu tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut  anak jika dibiarkan begitu lama. Ada banyak dampak yang ditimbulkan jika gigi pada anak rusak.

Untuk mewujudkan kesadaran tersebut tercapai, PAUD Ceria Yasmin berkerjasama dengan Klinik Afiat Yasmin menyelenggarakan penyuluhan gigi untuk siswa dan orangtua. Narasumber dari Klinik Afiat Yasmin, drg. Rachman Egiyansyah, yang juga Koordinator Klinik Afiat.

Materi penyuluhan disampaikan dengan menarik sehingga anak-anak antusias mengikuti acara. Tidak hanya menyampaikan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, anak-anak juga diajak mempraktekkan bagaimana menyikat gigi dengan baik dan benar. Setiap peserta menggenggam sikat gigi lalu dipandu mengikuti gerakan instruktur. Dalam acara tersebut juga dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan gigi dan mulut setiap siswa.

Kegiatan ini juga melibatkan para orangtua sehingga kebiasaan melatih kesehatan gigi anak dapat berkisanambungan sejak dari sekolah hingga lingkungan keluarga. Menurut Koordinator PAUD Ceria Yasmin, Heriyanto, kegiatan ini sudah dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali. Membangun kebiasan hidup sehat bagi keluarga dhuafa memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak ada jalan. Bisa dimulai dari hal-hal kecil. Seperti, sebelum pelajaran dimulai, guru selalu memberi pertanyaan kepada siswa, “Siapa yang hari ini sudah gosok gigi?”