Amal Khair Yasmin

Belajar Mandiri Sejak Sekolah

Hari menjelang sore, namun Imas dan Neneng masih berkutat dengan kegiatannya. Jemarinya sibuk menyulam boneka kain berukuran kecil yang rencananya akan digunakan sebagai gantungan kunci. Imas dan Neneng adalah anggota klub Aflatoun di SMP Cendekia, Bogor. Mereka berdua beserta anggota klub yang lain sedang sibuk mempersiapkan pemasaran produk, seperti gantungan kunci, boneka, celengan, makanan ringan dan sebagainya.

Imas mengatakan, banyak sekali manfaat bergabung dengan klub Aflatoun. Imas dan teman-teman sadar bahwa kegiatan pemasaran produk, meski masih sederhana, telah memberikan pengalaman yang utuh ketika bersosialisasi di kehidupan nyata.

Ketika keluar untuk memasarkan produknya, mereka akan dibenturkan dengan berbagai kendala. Memupuk kepercayaan diri ketika berhadapan dengan konsumen serta mengevaluasi strategi dan produk merupakan pembelajaran yang berharga bagi mereka.

Imas dan anggota klub berharap, pengalaman belajar di klub Aflatoun dapat memberikan pelajaran tentang menghargai setiap usaha, kemandirian serta kemampuan merencanakan dan mengelola finansial untuk masa depan yang lebih baik.