Amal Khair Yasmin

Melaju Lebih Cepat

Melaju lebih cepat. Itulah komitmen Amal Khair pada 2014. Mengambil momentum pergantian tahun, beberapa target dicanangkan. Berbagai lini layanan program sosial semakin ditingkatkan dengan mereplika program secara nasional.

Manajemen bisnis Toko Barbeku sebagai penopang pendanaan program sosial terus disempurnakan menuju manajemen bisnis modern. Sistem pendataan, pelaporan dan komunikasi dengan donatur dan mitra kerja diupayakan lebih efektif. Yang tidak kalah penting adalah upaya untuk terus meningkatkan kemampuan SDM yang handal untuk mendukung program percepatan pengembangan Amal Khair Yasmin.

Ringkas perkembangan program Amal Khair Yasmin di SMP dan SMK Informatika Utama, tahun 2013 adalah tahun pengembangan akhlak bagi siswa. Tahun 2014 adalah penyempurnaan program akhlak.

Akhlak menjadi tumpuan strategis bagi siswa sebagai modal utama untuk mengarungi kehidupan di masa depan. Berbagai progran untuk mendukung pencapaian kualitas akhlak mencakup: implentasi The 7 Habit High Effective People, Spritual Camp, pembiasaan dan budaya akhlak di sekolah, dan Kegiatan Minggu pemaknaan akhlak.

Sekolah-sekolah Cendekia dan TK Ceria yang memang dalam proses melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran tahun depan terus dilengkapi. Target 2014 adalah terpenuhinya dua ruang pembelajaran untuk SMP dan SMA Cendekia, sehingga proses pembelajaran di Cendekia dapat dilakukan pada pagi hingga sore hari. Selama ini proses belajar SMP dipagi hari bergantian dengan SMA pada siang hari. Hal ini menyebabkan kekurangan jam dan terkendala guru untuk mengajar maksimal.

Alhamdulilah, menjelang akhir tahun SMP dan SMA Cendekia keadatangan tamu istimewa dari Bank Of America Merrill Lynch untuk membenahi fisik Sekolah Cendekia. Dalam program benah sekolah tersebut Merrill Lynch memperbaiki dan mengadakan sarana dan prasarana belajar sehingga sekolah menjadi rapi dan nyaman untuk belajar.

TK Ceria Yasmin pada Juli 2014 ditargetkan telah memiliki tambahan 2 ruang kelas baru. Ini berarti pada tahun ajaran baru 2014 TK Ceria dapat memfasilitasi penambahan siswa baru hingga 1 kelas. Jika pada 2013 sebanyak 40 siswa tidak mampu tak dapat diterima di TK karena keterbatasan gedung, maka tahun depan dapat diminimalisir.

Sanggar Belajar Gratis Ulul Albab, Pasir Muncang Ciawi, Bogor merupakan program baru yang dilauching pada Oktober 2013. Hingga saat ini sudah menjangkau 250 siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA yang belajar Bahasa Inggris, Komputer, Akhlak dan life skill.

Training Guru gratis Aflatoun pada tahun ini efektif menjangkau 2000 guru dari Jabodetabek. Program Aflatoun adalah program training untuk guru, siswa dan orangtua siswa yang membahas tentang pendidikan sosial dan finansial. Lebih dari 1000 peserta ambil bagian dalam Aflatoun Gathering I dan II. Dan pada 2014 program ini akan digulirkan untuk menjangkau berbagai sekolah lain di Jabodetabek.

Program klinik gratis dan advokasi kesehatan saat ini juga terus berbenah. Frekuensi pengobatan gratis Healt on spot terus ditingkatkan dengan mengadakan pengobatab gratis di kantong-kantong kemiskinan. Program ini didukung dengan mobil ambulan gratis yang difasilitasi oleh mitra Amal Khair Yasmin, yaitu PT. Schroder Investment Management Indonesia. Mobil ambulan tersebut juga untuk mendukung advokasi kesehatan pasien dhuafa guna memudahkan mobilisasi pasien ke pusat layanan kesehatan.

Kami menyadari bahwa perkembangan Amal Khair Yasmin atas dukungan dari Bapak/ Ibu yang hingga saat ini komitmen untuk terus berderma melalui Yasmin. Terima kasih atas berbagai dukungannya yang sangat besar maknanya bagi kami dan dhuafa yang membutuhkan. Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan bagi kita semua.