Amal Khair Yasmin

Wakaf Ruko Toko Barbeku

WAKAF RUKO UNTUK TOKO BARBEKU

Bapak Haji Rahman tiba di Toko Barbeku Cinere ketika mendung menggelayut hampir memuntahkan air hujan. Beliau kemudian menemui Komar, kepala toko, dan keduanya terlibat perbincangan yang cukup serius. Tidak berapa lama, setelah dirasa tersampaikan maksud kedatangannya Pak Haji berpamitan. Setelah melepas pamit Pak Haji, dengan wajah sumringah Komar mengontak pihak yayasan untuk menyampaikan niat Pak Haji yang akan mewakafkan salah satu tokonya kepada Amal Khair Yasmin.

Niat mulia Pak Haji tidak datang serta merta, tetapi dimulai dari obrolan ringan yang cukup sering. Kebetulan Pak Haji juga memiliki toko yang letaknya berdekatan dengan Toko Barbeku. Keunikan Toko Barbeku merupakan magnet keingintahuan Pak Haji sehingga obrolan yang sambil lalu itu menjadi menarik dan berlanjut di waktu-waktu berikutnya. Serba-serbi Toko Barbeku yang menangani jual beli barang bekas menjadi menarik ketika seluruh keuntungan toko ini untuk membiayai operasional program sosial Amal Khair Yasmin.

Hal lain yang membuat Pak Haji takjub adalah ketersediaan stok barang di toko tidak sebanding dengan jumlah permintaan konsumen. Artinya Toko Barbeku lebih sulit mencari barang ketimbang menjual kembali barang bekas tersebut. Untuk membeli barang bekas biasanya menyasar perabotan rumah tangga, perkantoran dan lelang. Selain sebagai tempat jual beli barang bekas, Toko Barbeku juga menampung barang hibah atau sedekah barang yang disumbangkan sukarela dari masyarakat. Beraneka macam barang yang disedekahkan oleh donatur antara lain pakaian layak pakai, buku, furnitur, peralatan kantor, mobil, sepeda motor dan sebagainya.

Pendapatan Toko Barbeku mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jumlah pelanggan pun kian bertambah. Saat itu, Toko Barbeku memiliki empat outlet, akan tetapi dari keempat toko tersebut hanya satu yang milik sendiri. Kendala mengontak ruko (rumah toko) adalah biaya sewa yang terus naik tiap tahunnya. Selain itu, ketika salah satu toko sudah mulai stabil dan meningkat keuntungannya terpaksa harus pindah tempat lantaran ruko tersebut akan dipakai pemilik atau biaya sewa naik diluar kemampuan manajemen. Kejadian yang kedua yang paling sering dialami. Padahal pihak yayasan memberikan target kepada manajemen agar menambah dua toko setiap tahunnya.

Selain itu, mencari tempat untuk disewa bukan perkara mudah. Kesulitannya ada di biaya sewa yang biasanya di atas harga standar sewa Toko Barbeku. Mencari tempat dengan harga sewa ekonomis merupakan bagian dari strategi manajemen demi efektivitas biaya operasional karena setiap rupiah akan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk program pendidikan dan kesehatan gratis.

Target penambahan tersebut bukan tanpa alasan mengingat Toko Barbeku sebagai dapur pacu operasional program-program sosial Amal Khair Yasmin. Dan biaya operasional tiap tahun mengalami kenaikan. Itu belum jika Amal Khair Yasmin meluncurkan program baru. Pendapatan yang meningkat setiap tahunnya masih belum bisa mengejar biaya operasional yang juga terus mengalami peningkatan. Sampai saat ini keuntungan Toko Barbeku baru bisa meng-cover 70% dari jumlah kecukupan biaya operasional. Sisanya ditopang dengan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dan program kerjasama lainnya.

Kendala ini yang kemudian sampai ke telinga Pak Haji. Lalu terbetik niat untuk mewakafkan toko dua lantai miliknya yang berada di Depok. Kemudian beliau berkonsultasi dengan keluarga dan setelah mendapat persetujuan Pak Haji bertemu dengan Bapak Sulistiyo mewakili yayasan untuk mengurus proses legalisasi serah terima wakaf. Alhamdulilah, proses legalitas wakaf berlangsung lancar dan akhirnya serah terima dilaksanakan di kantor Amal Khair Yasmin di Cirendeu.

Apa yang dilakukan Bapak Haji Rahman patut kita apresiasi. Memberikan tempat niaga dengan cuma-cuma apalagi lokasinya sangat strategis akan membantu pengembangan Toko Barbeku. Adalah hal yang menggembirakan ketika kepedulian bisa datang dari siapa saja dan kapan saja. Bapak Haji Rahman merupakan salah satu dari sekian banyak donatur yang peduli dengan program pendidikan dan kesehatan gratis dhuafa. Mudah-mudahan sinergi yang telah terjalin dengan para donatur mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan dan semoga Allah SWT memberikan kemantapan kepada kita untuk selalu istiqamah mengantarkan mereka meraih masa depan yang lebih baik.