Amal Khair Yasmin

Menyajikan Pendidikan Islam Yang Ramah

Amal Khair Yasmin bekerjasama dengan Gerakan Islam Cinta menyelenggarakan Training Sehari “Teaching Respect For All” bertempat di Kopetais Depag Ciputat, Rabu (16/4/2014). Gerakan Islam Cinta adalah sebuah gerakan yang mengkampanye Islam rahmatan lil alamin di sosial media dan melakukan pelatihan terhadap para guru pendidikan agama Islam di berbagai penjuru Indonesia. Training yang disponsori Penerbit Mizan ini diikuti oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Jabodetabek.

Training “Teaching For All” menghadirkan tiga pembicara, yaitu Prof. Dr. Komarudin Hidayat, Rektor UIN Jakarta; Setiyo Iswoyo, Trainer Laz-Next dan Praktisi Multiple Intelligence; dan Irfan Amalee, Sekretaris Gerakan Islam Cinta. Dalam training tersebut Prof. Dr. Komarudin Hidayat menyampaikan tentang bagaimana strategi meraih hidup produktif, bermakna, dan bahagia, dengan mengembangkan potensi manusia sebagai makhluk mulia ciptaan Tuhan.

Kemudian Setiyo Iswoyo dalam sesi berikutnya mengulas tentang hakikat pendidikan dan kiat-kiat menjadi guru yang tulus mencintai profesinya. Kemudian Irfan Amalee berbicara tentang pengaruh bullying terhadap anak dan dampak psikologis terhadap mereka.

Tujuan diselenggarakan training ini, sebagaimana yang disampaikan Sulistiyo selaku ketua penyelenggara, bahwa pandangan tentang Islam yang digambarkan sebagai agama yang selalu menampilkan kekerasan telah mereduksi wajah Islam yang sejatinya mengemban misi sebagai agama yang rahmatan lil alamin. “Pelatihan yang menurut saya sangat bagus. Jadi mendorong agar orang bergerak bukan dengan kekerasan, tapi dengan cinta kasih,” tambahnya.