Amal Khair Yasmin

Pendidikan Karakter

Membentuk karakter siswa tidak harus di dalam kelas. Banyak pilihan kegiatan nonakademis agar siswa dapat memiliki kemampuan menilai mana yang baik, mana yang tidak baik, yaitu dengan kegiatan ekstra kurikuler. Seperti yang dilakukan siswa Sekolah Cendekia. Banyak pilihan ekstra kurikuler yang menarik, yang justru pesan substansialnya lebih mudah sampai kepada siswa.

Di sekolah Cendekia siswa dididik tidak hanya akademik oriented, tetapi dilengkapi dengan pengembangan karakter. Misalnya pada semester ini karakter yang akan dibangun adalah sikap disiplin, percaya diri dan santun. Para siswa diberikan waktu 2 bulan untuk menggelar pentas seni. Pagelaran yang akan dipentaskan bermacam-macam, ada teater, dance, senam kreasi, presentasi karya ilmiah dan sebagainya.

Semua siswa terlibat mulai dari perencanaan sampai pementasan. Dan semuanya wajib pentas di panggung. “Dari awal mereka mendesain acara, ada bagian dekorasi, menata panggung, MC, peralatan dan sebagainya, agar mereka terbiasa membuat perencanaan secara teliti dan detail. Dan semua siswa wajib pentas dipanggung supaya terbiasa dan berani tampil di muka umum. Dan yang menonton mereka belajar mengapresiasi teman-temannya yang tampil,” kata Bapak Sulistiyo, Manajer Program.