Amal Khair Yasmin

Pekojan Diharapkan Sebagai Pionir Compassionate Village Indonesia

Perpustakaan Pojok Baca resmi dibuka di Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (22/11) lalu. Peresmian dilakukan oleh Lurah Pekojan, Bapak Tri Prasetyo Utumo, SKM, SH, M.Si dan praktisi pendidikan dari Yayasan Amal Khair Yasmin Learning Center. Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan Training of Trainer (ToT) Literasi oleh Sulistiyo dari Yayasan Amal Khair Yasmin. 

Program ini merupakan salah satu program untuk mewujudkan Compassionate Village bagi masyarakat Pekojan. Compassionate Village adalah program dimana sebuah wilayah/desa yang warganya memiliki kesadaran untuk menghargai nilai-nilai kasih sayang, humanisme dan kebhinnekaan.

Sebelumnya telah dilakukan training Melatih Membaca dan Bercerita pada Anak terkhusus untuk ibu-ibu. Tujuannya agar para orangtua mampu memberikan dorongan pada anak untuk memulai dan terus membaca (mendongeng). Sehingga mereka mendapatkan fasilitas literasi yang memadai untuk menambah dan memperkaya ilmu pengetahuan.

“Ratusan judul buku telah dihibahkan sebagai tahap awal untuk masyarakat. Diantaranya buku anak-anak, remaja, dan umum”, ujar Sulistiyo.

“Diharapkan program tersebut mampu  meningkatkan kualitas warga dan pelajar di Pekojan di bidang literasi”, tambah Try Prasetyo.

Pojok baca kelurahan Pekojan diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat sekitar.Semoga Pekojan dapat menjadi pionir sebagai Compassionate Village di Indonesia.

Penulis : Chintiya Dewi Anggriani
Editor : badruz