Amal Khair Yasmin

SMK Hasan Mustapa Juara II Bisnis Lip Tin Alami

Kosmetik menjadi suatu kebutuhan bagi perempuan, mulai dari remaja hingga dewasa. Riasan wajah yang sudah menjadi keseharian ini bertujuan menjaga penampilan agar tampak cantik dan segar.

Berbagai jenis kosmetik digunakan untuk melengkapi penampilan perempuan. Salah satunya ialah lip tin. Lip tin adalah kosmetik yang teksturnya cair seperti tinta dan biasanya berwarna merah muda. Awalnya lip tin dikenal di negara Korea yang digunakan oleh beberapa artis.

Kandungan bahan kimia yang ada dalam lip tin memiliki dampak  serius yang harus diwaspai oleh penggunanya. Bahan-bahan kimia tersebut dapat merusak bibir dan menjadi tampak kehitaman.

Inovasi inilah yang kemudian memberi ide dan pembaharuan dibidang kosmestik oleh siswa SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa, Bogor. Selain didasari latar belakang kesehatan. Faktor utama pemicunya adalah harga buah naga petani yang berada dekat sekolah anjlok dengan hasil panen yang melimpah.

Melihat peluang dalam kesempitan tersebut siswa SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa melakukan ekperimen dengan mengikuti ajang inovasi bisnis. Lomba Inovasi Bisnis 2018 yang dilaksanakan oleh Universitas Djuanda Bogor pada 24 Desember 2018.

Setelah melalui berbagai seleksi dan persaingan kompetisi yang cukup ketat dan panjang, Alhamdulillah, SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa meraih Juara II dengan produk “Dragon Tint” (lip tin dari buah naga). Dragon Tint merupakan kosmetik perwarna dan pelembab bibir alami dari olahan buah naga dan madu.

Siswa SMK H. Hasan Mustapa mengubah buah naga merah biasa dikonsumsi masyarakat menjadi sebuah lip tin yang aman dengan berbagai khasiat. Zat pewarna alami yang terkandung dalam buah naga dapat membuat bibir yang tadinya agak gelap menjadi lebih merah. Selain itu, buah naga juga kaya akan vitamin B3, vitamin ini bermanfaat untuk melembabkan jenis kulit dan dapat menghaluskan kulit yang kasar.

Sedangkan madu mempunyai khasiat yang bermanfaat untuk mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah, juga melembabkan dan memerahkan bibir. Dragon Tin ini selain untuk melengkapi make up sehari-hari juga dapat untuk perawatan malam hari membantu memperbaiki bibir yang rusak karena pemakaian lipstick berbahan kimia yang berlebihan.

Intip di sini :  Juara II Lomba Inovasi Bisnis Produk “Dragon Tin”