Amal Khair Yasmin

Pentingnya Pendidikan Sekolah untuk Generasi Muda

Mungkin banyak yang bertanya mengapa pendidikan di sekolah penting. Beberapa orang tua enggan untuk menyekolahkan anaknya dikarenakan mereka beranggapan lebih baik bekerja daripada sekolah yang hanya menghambur-hamburkan uang. 

adanya fakta tersebut sepatutnya orang tua dibekali pedoman tentang pentingnya pendidikan di sekolah. Dan anakpun demikian, ketika menjelaskan pentingnya sekolah untuk anak yang tidak mau sekolah, orang tua harus memuiliki alasan kuat untuk menyuport anak untuk bersekolah.

Berikut beberapa alasan mengapa pendidikan sekolah penting

Memberikan Pendidikan Dasar Kepada Anak

Salah satu alasan pentingnya pendidikan untuk anal adalah memberikan pendidikan dasar. Dasae semua ilmu pengetahuan akan didapatkan saat menempati sekolah dasar. Pada tingkat dasar ini, sang anak akan diajarkan membaca, menulis, berhitung sebagai dasar menaiki ke jenjang pengetahuan selanjutnya

Menciptakan Jiwa Nasionalisme

Nasionalisme adalah rasa memiliki bangsa dan negara. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah jiwa nasionalisme generasi muda akan terbentuk. Menciptakan jiwa nasionalisme di sekolah tentu sudah dikemas dengan cara belajar yang baik oleh guru. Dengan cara menghargai perbedaan, memperkenalkan keragaman suku budaya, memperkenalkan sejarah dan lainnya.

Memberantas Kebodohan

Kebodohan ini disebabkan oleh ketidaktahuan terhadap suatu hal. Sehingga sang anak menjadi berpengetahuan sempit dan tidak open minded terhadap wawasan baru. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah wawasan akan menjadi luas, pikiran menjadi terbuka, dan tentunya ilmu semakin bertambah.

Membangun Karakter

pendidikan sekolah bisa membangun karakter bagi generasi muda. Pendidikan karakter sangat penting karena mengajarkan norma-norma. Dengan mengikuti norma yang berlaku dikehidupan bermasyarakat, anak akan memiliki karakter kuat.

Sepatutnyalah orang tua memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Semakin banyak generasi muda sadar akan pentingnya pendidikan sekolah diharapkan nasib bangsa akan semakin maju dan lebih baik lagi.

Berbagai sumber