Amal Khair Yasmin

Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa SMP TIK Mizan Terhadap Alam dengan Spiritual Camp

Sebanyak 24 siswa SMP TIK Rumah Yatim Mizan menyelenggarakan kegiatan Spiritual Camp di SMK Agribisnis Hasan Mustapa, Megamendung, Bogor, Rabu-Jumat (26-28 Februari 2020). Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Terhadap Lingkungan”.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam tersebut diisi dengan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan alam, seperti hiking menyusuri bukit dan persawahan hingga para siswa melakukan sosial projek dengan membantu petani bercocok tanam. Pada malam harinya, dilanjut dengan kegiatan tadabbur alam (evaluasi diri) siswa untuk meningkatkan rasa cinta dan syukur terhadap apa yang telah mereka miliki kepada Sang Pencipta.

Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan karakter yang lebih baik serta melatih siswa belajar mandiri. Selain itu juga diisi dengan shalat berjamaah, motivasi dari manajer program Yayasan AK Yasmin dan dilanjut dengan berbagai permainan.

Teacher Elvin sebagai ketua pelaksana, mengatakan para siswa TIK SMP Mizan sudah biasa mengadakan kegiatan refresing setiap tahunnya. Kegiatan ini tidak hanya piknik, melainkan juga sebagai sarana belajar di luar kelas dan mengajarkan kepada siswa betapa pentingnya menjaga alam.

Setiap tahun siswa TIK SMP Mizan mengadakan refresing bersama untuk meningkatkan keakraban antara siswa guru. Kali ini mereka melakukan kegiatan positif bersama alam di lahan sekolah SMK Agribinis Hasan Mustapa, Bogor.