Amal Khair Yasmin

Praktik Proses Pembentukan Glukosa Dalam Fotosintesis

Siswa-siswi kelas X SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa, Megamendung, Bogor tengah melakukan kegiatan praktik proses pembentukan glukosa dalam fotosintesis dengan melarutkan zat klorofil yang ada pada daun tanaman. Zat Klorofil, atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman. Klorofil ini akan menyerap energi dari matahari untuk keberlangsungan proses fotosintesis pada tumbuhan. Zat ini penting dalam fungsi metabolisme seperti pertumbuhan dan respirasi tumbuhan.

Zat klorofil pada daun dilarutkan menggunakan cairan alkohol sebanyak 60ml dan dipanaskan didalam gelas beker dengan air mendidih 150oC, proses ini akan menyebabkan denaturasi protein sehingga klorofil terlepas dari ikatan protein dan ikut terekstrak dalam pelarut.

Tujuan dari praktik ini yaitu untuk mengetahui peran cahaya/sinar matahari dalam proses fotosintesis dan untuk membuktikan bahwa hasil dari fotosintesis menghasilkan glukosa. Pembuktian tersebut yaitu dengan menggunakan obat merah pada daun yang telah dilarutkan, jika daun tersebut terdapat bercak hitam artinya daun tersebut mengandung glukosa.

Para siswa kelas X merasa sangat senang dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan praktik tersebut, banyak ilmu baru yang mereka dapat dari kegiatan praktik tersebut terutama dalam mengetahui proses fotosintesis pada tanaman.