Amal Khair Yasmin

HASPA FEST 2023: Merayakan Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek

Megamendung, 14 Desember 2023 – SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa (Haspa) memulai perjalanan baru dengan menggelar kegiatan perdana, “HASPA FEST 2023,” yang menjadi puncak kekreativan dan inovasi di lingkungan sekolah. Acara ini diselenggarakan sebagai respons terhadap perubahan signifikan dalam sektor pertanian dan tantangan multidimensi yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya di sekitar SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa.

Melalui metode pembelajaran Project Based Learning (PBL). Para siswa-siswi tidak hanya belajar dari buku, tetapi secara aktif terlibat dalam merancang dan merealisasikan ide-ide kreatif mereka untuk menjawab tantangan lingkungan dan ekonomi. Produk-produk olahan kreatif dari hasil pangan yang mereka budidayakan di sekolah yang kemudian mereka persentasikan menjadi bukti nyata dari keberhasilan pendekatan ini.

Persentasi proyek oleh siswa

Tiga Kategori Utama: Lingkungan, Teknologi, dan Pengembangan Produk Kreatif

Dalam “HASPA FEST,” terdapat tiga kategori utama yang menjadi fokus, yaitu: Lingkungan, Teknologi, dan Pengembangan Produk Kreatif. Siswa dan siswi dibagi menjadi delapan kelompok, masing-masing berkonsentrasi pada satu kategori. Keberhasilan terlihat beragam produk inovatis, seperti Eco Brick, Springkler Otomatis Berbasis ESP32, Filter Air Bersih Sistem Manual Backwash, Terrarium, Gingergrass Latte, Light Farm, C-Bites, dan Budidaya ikan dalam ember (Budikdamber).

Tidak hanya menyajikan pameran produk, melainkan juga berbagai kegiatan menarik dan edukatif. Ada Lomba Mewarnai Tingkat PAUD/TK, Bazar Produk Pertanian, Workshop Mengenai Pertanian Ramah Lingkungan, Pembuatan Kompos, Eco Printing, Demo Mie Singkong-Kelor, dan Smootie Pakcoy. Tentu dengan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memperdalam pemahaman mereka dengan melibatkan berbagai kalangan masyarakat. Talkshow yang menghadirkan Bapak Bahtiar dari Chevron dan Kang Luky dari Rumah Kayu Permaculture Bandung membahas mengenai Passion, Karakter dan Prospek Pertanian Modern Di Masa Depan.

Produk Inovatif Eco Brick Bersama Ibu Desi Julianti
Workshop Pertanian Ramah Lingkungan Bersama Bapak Imam Iskandar

Bapak Imam Iskandar, Ketua Pelaksana, menyampaikan harapannya, “Semoga kegiatan HASPA FEST kedepannya dapat menjadi acara yang pesertanya tidak hanya dari siswa-siswi SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa saja, tetapi juga diikuti oleh siswa-siswi dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.”

Momen puncak acara disampaikan oleh Bapak Sulistyo Ridho, Manajer Program Yayasan Amal Khair Yasmin, yang berbagi mimpi besar, “Mimpi kami, HASPA FEST menjadi event International di masa depan.” Harapan yang menjadikan acara ini kelak sebagai platform internasional yang mempertemukan ide dan inovasi dari berbagai penjuru dunia.

Talkshow Bersama Bapak Sulistyo Ridho, Bapak Bahtiar dan Kang Luky.

HASPA FEST 2023 bukan hanya sebuah perayaan kreativitas siswa, tetapi juga sebuah tonggak penting dalam pendekatan kreativitas dan inovsi terhadap pendidikan dan pertanian berkelanjutan. Dengan semangat dan dedikasi, SMK Agribisnis H. Hasan Mustapa telah membuktikan bahwa pendidikan yang berkualitas dan inovasi dapat membentuk masa depan yang lebih baik.