Amal Khair Yasmin

Ekshibisi Literasi dan Numerasi: Kolaborasi Kreatif Orang Tua dan Anak di PAUD Ceria Yasmin

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membentuk dasar pembelajaran anak sejak dini. Di PAUD Ceria Yasmin yang terletak di Ciseeng, Bogor, kegiatan akhir semester satu menjadi momen penting yang melibatkan aktifitas siswa dan partisipasi aktif orang tua.

Kegiatan akhir semester satu di PAUD Ceria Yasmin melibatkan peran aktif siswa dan orang tua dalam eksibisi bertemakan “Tumbuh dan Berkembang Melalui Karya dan Kreasi”. Orang tua memiliki peran lebih besar dalam mendampingi anak belajar di rumah, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran anak-anak mereka.

Pentingnya peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah menjadi fokus utama dalam kegiatan akhir semester ini. Para orang tua didorong untuk terlibat dalam proses belajar-mengajar anak mereka. Salah satu strategi yang diterapkan sekolah adalah pembuatan media pembelajaran berbasis barang bekas. Dengan menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan murah, mereka menggunakan barang bekas sekitar untuk membuat alat peraga edukatif yang mendukung literasi dan numerasi anak-anak. Diharapkan dapat stimulasi belajar anak meningkat.

Melalui kolaborasi kreatif ini, diharapkan akan terus terjalin keterlibatan positif orang tua dalam membentuk dasar pendidikan anak-anak mereka, menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, dan merangsang minat belajar sejak dini.