Amal Khair Yasmin

Training Penguatan Projek P5 Kurikulum Merdeka

Pelatihan intensif bagi 25 guru PAUD dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang di Aula Training YLC AK Yasmin, Cirendeu pada Sabtu (21/9). Mengusung tema “Merancang Projek Profil Pelajar Pancasila yang Menarik Sesuai Kurikulum Merdeka untuk PAUD”, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat penerapan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, yang telah diterapkan secara luas di lembaga pendidikan PAUD.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB bersama narasumber, Ibu Fauzia Arlini seorang Praktisi dan Master Pendidikan Anak Usia Dini. Beliau memaparkan bagaimana pembelajaran berbasis projek dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar dengan cara yang menyenangkan, kreatif, dan kontekstual. Dengan metode ice breaking, permainan Kahoot, serta diskusi aktif, para guru terlihat sangat antusias mengikuti setiap sesi.

Pelatihan ini juga menjadi saling bertukar pengalaman dan belajar cara merancang kegiatan yang mengoptimalkan potensi anak secara holistik. Selain kemampuan kognitif, aspek sosial-emosional, fisik, dan spiritual juga menjadi fokus dalam projek yang diharapkan dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Sebagai langkah lanjutan, para peserta didorong untuk merancang Projek P5 yang menarik dan relevan, guna menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini.